Senin, 21 Januari 2013

Inokulan, Inducer, Serum GAHARU yang Kontroversi



Maraknya Budidaya Gaharu akhir-akhir ini menunjukkan prospek yang cerah. Dibeberapa tempay di Indonesia sampai ke Negara asia berlomba-lomba menanam gaharu. Hal ini tak lain berapa Gaharu suatu alternative dari tanaman yang telah ada. Si Pohon uang katanya dalam kurun waktu 6-10 Tahun akan menghasilkan jutaan bahkan miliyaran rupiah yang akan didapat.
Sungguh angin surga yang memabukkan…
Sunggug suatu nominal yang fantastis ….

Sementara itu beredar beberapa jenis serum (Suntikan) Gaharu daru yang berbasis Inokulan dengan beberapa jenis fusarium atau yang berbasis Inducer dari jenis kimia atau yang lain-lain, maraknya budidaya Gaharu merupakan celah orang-orang yang tak bertanggung jawab. Memanfaatkan lewat jual serum atau suntikan Gaharu. Saya  menyaksikan dibeberapa tempat yang gagal mokulasi. Pohon mati, pembusukan di dalam, recovery atau menutup kembali. Hal ini Karen ketidak tahunan dari sangt pemilik pohon gaharu, sejauh mana teknik Inokula yang tepat, serum atau Inokulan yang betul-betul bisa menjadikan gubal Gaharu dan yang sangat penting pemasarannya. Karena saya yakin gubal gaharu sebesar gunungpun tak akan menjadikannya rupiah, tanpa tahu jenis yang disukai pasar. Coba bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika tanpa ilmu dan pengetahuan tentang Gaharu. Saya selama 7 tahun berkutat dengan Gaharu tau manis pahitnya budidaya Gaharu maka dari itu saya sarankan buat sahabat-sahabatku. Berhati-hatilah memilih serum suntik Gaharu, Inokuhan, Inducer dan Semacamnya. Karena tanpa kehati-hatian tanaman yang sahabatuku tanam kurun waktu 1-10 tahun akan gagal selamanya.

Tops Memilih Inkulan, Inducer Gaharu
1.      Inokulan : Pastikan Isolate yang diambil dari daerah mana jika itu Fusarium, ini penting Karena kunci dari optimaknya Inokulasi. Isolatnya harus diambil dari lokasi pengembangan kalau Isolate Inokulan itu diambil dari luar daerah atau pulau. Pantas diragukan keberhasilannya. Karena bakteri mikroba, suhu iklim yang berbeda. Beda hasil akhir Inokulan bentuk Chip yang disukai pasar.
2.      Inducer : Pastikan hasil akhir dari porses inokulasi ini penting, karena hasil akhir Inducer ada dua bentuk cjip dan gelondongan (pipa paralon). Bentuk chip (berupa serpihan antara 2-8 cm). ini paling disukai pasar internasional. Baik itu Buyer Timur Tengah atau Buyer dari Asia harganya cukup menjanjikan. Dari pengalaman yang saya alami sehasil akhir bentuk gelondongan seperti pipa paralon. Terjadi pembusukan di empulur batang sehingga resin yang dihasilkan tipis sekali . Pengalaman saya sampai saat ini belum ada pemasarannya karena bentuk ini kurang disukai pasar kalaupun ada untuk proses pembuatan, penyuntingan.
3.   Pastikan si penjual inokulan membeli hasil Inokulasi kita. Karena tentunya sangat tidak memungkinkan bagi kita untuk memasarkannya langsung keluar negeri hancur bro apalagi seperti kita petani-petani kecil yang tinggal jauh di pelosok desa. Atau paling tidak membantu nemasarkan.
4.   Pastikan pohon gaharu sahabatku telah siap di inokulasi karena pohon yang siap di Inokulasi diameter pohon minimal 10 cm. karena umur pohon bukanlah patokan untuk perlakuan Inokulasi.
5.     Dan yang terakhir pastikan si pembeli akan membayar tunai hasil transaksi penjualan produk Gaharu kita.

Demikianlah tips memilih Inokulan, Inducer atau serum Gaharu. Semoga bermanfaat buat sahabat-sahabat Gaharuku dimanapun berada. Karena banyak produsen Inokulan, Inducer serum Gaharu yang mengaku-ngaku berhasil dengan produknya dengan dalih ini dan itu, sekian waktu berada di Grade ini dan lain sebagainya. Semua ini tak lain hanya ingin produknya dibeli terakhir jangan remehkan INOKULAN yang harganya mura, karena harga yang mahal belum tentu berhasil dengan baik. Ingin keterangan lebih rinci silakan kontak saya atau tunggu tulisan saya yang berikutnya


Perbedaan
Kecepatan produksi Gubal Gaharu
Lewat Inokulan dan Inducer

6 komentar:

  1. apa induser dapat dilakukan pada pohon penghasil gaharu yg belum mencapai diameter 10cm?dapatkah induser diberikan pada pohon sejak awal/sedini mungkin saat kita menanam?saya py pengalaman pohon yg baru di tanam bediameter 0.5cm langsung di inokulasi dgn cara disayat.setelah 6 bln kemudian batangnya sudah beraroma harum..apa inokulannya berhasil?mohon infonya..?thanks

    BalasHapus
  2. salam sukses bang,salam kenal juga dari saya...ada kontak fbnya bang....biar enak shareing2 nya

    BalasHapus
  3. bbrp gaharu saya inokulasi pakai fusarium solani sdh berjalan 2 th dan tanda2 gubal sdh terlht rata2 5 - 8 cm arah bawah dan 8 -12 cm arah atas, sy ingin mencb indusernya. bs ksh infonya ke mulyo.sutanto@gmail.com, mksh sblmnya

    BalasHapus
  4. silakan kontak saya di 082183444665

    BalasHapus